5 Tips Rahasia Membuat Desain Label Makanan Kekinian

5 Tips Rahasia Membuat Desain Label Makanan Kekinian

Membuat desain label makanan adalah salah satu hal yang tidak dapat dihindari apabila ingin menjalankan bisnis makanan. Label makanan adalah logo yang menunjukkan identitas suatu produk. Membuat desain label tentu tidak bisa sembarang.

Sebuah desain harus bisa membawa identitas atau karakteristik sebuah produk sekaligus menyampaikan pesan. Agar dapat membuat label yang gampang diingat, berkarakter kuat, dan terlihat menarik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Dibawah ini ada beberapa tips mudah yang terbagi menjadi beberapa poin. Tiap poin menjelaskan hal – hal penting yang perlu diperhatikan saat hendak membuat desain label. Di luar material bahan yang hendak digunakan untuk kemasan produk, label adalah hal penting yang patut digarisbawahi.

Bagaimana Membangun Brand Melalui Desain Label Produk

Membangun sebuah brand melalui sebuah label produk tidaklah mudah. Apalagi bila ingin produk yang dibuat dapat terkenal dan mengena di masyarakat. Harus ada sesuatu yang mudah diingat oleh konsumen sehingga pembeli akan kembali untuk membeli produk yang sama.

Di luar rasa produk, bentuk kemasan memegang peran penting. Desain kemasan yang unik dan tidak biasa bisa meninggalkan kesan yang spesial kepada pelanggan. Begitu juga dengan desain kemasan makanan plastik. Ada banyak produk yang menggunakan kemasan plastik sebagai pembungkus.

Sebagai pembungkus produk, kemasan harus dibuat semenarik dan sekreatif mungkin. Akan tetapi, bentuk kreatifitas yang digali tidak bisa sembarangan. Ide – ide yang keluar harus diselaraskan dengan konsep dan identitas produk.

Sebuah produk dapat berhasil ketika ia dapat membangun identitas melalui kemasan. Brand yang dibawa harus sesuai dengan target pasaran. Ini adalah langkah pertama yang harus diingat, mengetahui tentang target pasar, apakah sebuah produk ditujukan kepada anak muda atau konsumen lain.

Setiap produk memiliki konsep yang berbeda. Ada produk yang lebih menonjolkan sisi kenangan dengan desain klasik, ada pula yang berusaha untuk menarik pasar anak muda dengan menggunakan desain yang menarik dan kekinian.

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah pesan yang ingin disampaikan. Pastikan bahwa produk memiliki identitas yang jelas. Apakah produk ini merupakan produk makanan manis? Pedas? Asam? Atau memiliki rasa lain yang unik dan belum pernah dicoba?

Gambarkan perasaan tersebut ke dalam desain kemasan makanan yang hendak dijual. Selain itu, memilih desain juga penting. Kesalahan desain saat membuat desain kemasan bisa fatal. Oleh karena itu, pastikan desain seperti yang ingin dibangun. Apakah estetik, komikal, atau desain lain.

Hal yang Perlu diperhatikan Saat Mendesain Kemasan

Ada beberapa yang perlu diperhatikan saat hendak menentukan desain kemasan. Hal yang perlu diperhatikan saat mendesain kemasan makanan adalah desain produk, tulisan atau gaya tulisan untuk label produk, dan warna label kemasan.

Penting untuk menentukan desain. Apakah desain produk menonjolkan sisi estetik? Simpel? Dinamis? Atau karakteristik lain? Hal – hal seperti ini penting, sekaligus perlu diselaraskan dengan konsep dan identitas produk.

Suatu produk kadang hanya menonjolkan label dengan tulisan tanpa menambah gambar. Akan tetapi, ada kalanya ada gambar ilustrasi yang ditambahkan agar kesan yang ingin ditampilkan menjadi lebih kuat.

Masih berkaitan dengan desain, pemilihan tulisan juga penting. Font atau gaya tulisan itu penting untuk label produk. Pemilihan desain tulisan haruslah tepat. Ada sekian banyak contoh gaya tulisan yang bisa digunakan untuk merepresentasikan produk dalam sebuah gambar dan tulisan.

Akan tetapi, bila tidak menemukan model tulisan yang diinginkan maka membuat model penulisan huruf sendiri juga dapat dilakukan. Selain hal ini, pemilihan warna juga penting. Komposisi warna dan peletakan yang salah, tidak kontras akan meninggalkan kesan aneh dan tidak menarik.

Oleh karena itu, penting untuk menggunakan kontras warna yang sesuai. Sebuah produk yang ingin menggunakan tema kekinian untuk menarik pangsa pasar anak muda harus dapat menemukan desain dengan template huruf dan warna yang sesuai.

Pemilihan warna yang tidak sesuai akan menyulitkan konsumen untuk ingat dengan produk yang digunakan. membangun kesan lewat komposisi warna mungkin terlihat sepele. Akan tetapi, aspek tersebut memberikan pengaruh yang besar.

Ada baiknya untuk melakukan penelitian terlebih dahulu sebelum memutuskan desain label makanan yang diinginkan. Mengumpulkan beragam produk sebagai sample bisa membantu menemukan inspirasi desain untuk produk. Bisa juga, inspirasi ditemukan melalui beragam hal.

shares