Beberapa Hal yang Wajib Dipahami Dalam Polis Asuransi Jiwa

Beberapa Hal yang Wajib Dipahami Dalam Polis Asuransi Jiwa

Semua jenis asuransi pasti selalu memiliki polis termasuk polis asuransi jiwa. Namun tak jarang bagi pemegang asuransi yang malas membaca polis tersebut yang merupakan kesalahan yang sangat fatal padahal polis asuransi sangatlah penting untuk kedepannya. Polis berisi tentang aturan-aturan dan manfaat mengenai asuransi yang telah dibeli.

Kebiasaan tidak membaca polis ini akan berakibat buruk di masa depan seperti saat akan mengajukan klaim pertanggungan. Klaim asuransi yang diajukan ditolak oleh perusahaan dan pemegang asuransi marah-marah dan menyalahkan pihak perusahaan padahal semuanya sudah tertulis di dalam polis mengenai apa saja yang bisa diklaim beserta pengecualiannya.

Ketentuan Dalam Polis Asuransi Jiwa yang Wajib Dipahami

Alasan dari pemegang asuransi yang tidak membaca polis karena isinya yang sangat banyak dan panjang. Namun justru di dalam polis itulah tertulis berbagai macam hal penting tentang asuransi yang dipegang. Biasanya perusahaan memberikan waktu yang cukup sekitar 14 hari untuk membaca dan memahami isi dan detail polis asuransi.

Biasanya ada beberapa perusahaan yang menerima pembatalan pembelian asuransi jika ada isi dari polis yang tidak sesuai, maka dari itu tanyakan terlebih dahulu kepada perusahaan terkait. Membeli dan berinvestasi di asuransi tidak akan merugikan karena semua premi yang telah dibayarkan akan kembali kepada pemegang asuransi tanpa potongan di kemudian hari. Berikut beberapa ketentuan yang wajib dipahami di dalam polis asuransi jiwa.

  1. Data Pemegang Polis dan Tertanggung

Hal pertama yang harus diperiksa setelah membeli asuransi adalah mengecek data-data yang telah diisi sebelumnya dengan teliti dan benar, seperti nama pemegang polis, nama tertanggung, alamat, nomor telepon, alamat email, tempat dan tanggal lahir, npwp, dan lain sebagainya karena jika ada kesalahan dalam pengisian data maka akan berdampak pada pencairan klaim ke depannya.

  1. Manfaat dari Asuransi yang Diterima

Periksa apakah manfaat dari asuransi jiwa yang terdapat dalam polis telah sesuai dengan yang diinginkan. Beberapa manfaat yang perlu dicermati adalah :

     Jumlah uang pertanggungan yang akan diterima oleh ahli waris jika tertanggung tertimpa musibah.

     Masa berlakunya pertanggungan dan sampai usia berapa.

     Manfaat yang diterima jika mengambil asuransi tambahan.

     Batas waktu pelaporan meninggalnya tertanggung.

     Prosedur pengajuan klaim.

  1. Ketentuan Premi

Besarnya premi yang dibayarkan berbeda-beda biasanya ditentukan berdasarkan jenis asuransi yang diambil, usia, jenis kelamin, perokok atau bukan, besarnya biaya pertanggungan. Berikut hal yang harus diperhatikan mengenai biaya premi :

     Jumlah premi yang harus dibayar, cara pembayaran, periode pembayaran, dan mata uang pembayaran.

     Ketentuan jika terlambat membayar premi.

     Prosed pemulihan polis yang telah mati.

  1. Pengecualian dalam Asuransi Jiwa

Di semua asuransi termasuk asuransi jiwa terdapat pengecualian yang membuat pengajuan klaim asuransi tidak diterima sehingga penting untuk dibaca dan ditaati agar klaim asuransi berjalan dengan lancar dikemudian hari.

  1. Ketentuan Potongan Biaya

Biasanya terdapat sejumlah biaya yang dibebankan kepada pemegang polis asuransi jiwa dan bisa mengurangi manfaat yang akan didapatkan, berikut beberapa biaya yang terdapat dalam asuransi jiwa yang harus dicermati yaitu :

     Biaya pemeliharaan yang merupakan komisi kepada agen dan perusahaan asuransi.

     Biaya pertanggungan dasar adalah biaya yang dihitung berdasarkan uang pertanggungan dasar, usia, dan jenis kelamin.

     Biaya perubahan alokasi dana investasi.

     Biaya administrasi bulanan.

     Biaya pengelolaan dana.

     Biaya penerbitan polis.

     Biaya umum.

     Biaya pembatalan.

     Biaya akuisisi.

shares