Situs Online Menawarkan Jual Handphone Murah, Apakah Lebih Murah dari Beli Offline? Ini Alasan-Alasannya

Situs Online Menawarkan Jual Handphone Murah, Apakah Lebih Murah dari Beli Offline? Ini Alasan-Alasannya

Saat ini, jual handphone murah tidak hanya bisa lewat counter atau toko, tetapi banyak juga yang menjualnya lewat online. Terkadang, handphone yang dijual secara online ini harganya lebih murah dibandingkan membeli secara langsung.

Memang banyak yang skeptis, karena banyak yang menjadikan “jual handphone murah” sebagai embel-embel saja karena nyatanya kualitasnya tidak sebagus yang ditawarkan atau bahkan bisa lebih buruk lagi, yaitu palsu.

Lalu, apakah membeli handphone secara online harganya memang lebih murah?

Jika melakukan perbandingan-perbandingan terhadap harga handphone yang ada di toko atau counter dan online shop, ternyata memang harganya lebih murah di online shop. Tapi hal ini bukanlah tanpa alasan, karena ada beberapa penyebab mengapa harga handphone di online shop lebih murah.

  1. Persaingan

Persaingan produk apalagi handphone yang ada di toko-toko online lebih ketat dibandingkan dengan toko offline. Dengan persaingan yang ketat, memenuhi target penjualan, hingga semakin banyaknya brand resmi yang membuka toko online, semakin membuat penjual untuk menurunkan harganya.

Belum lagi, harga handphone online sangat mudah dibandingkan karena banyaknya situs yang busa membandingkan harga-harga dari toko online. Karena sifat dasar konsumen yang kebanyakan memang memilih suatu produk dengan harga yang paling rendah, banyak penjual handphone online pun menurunkan harganya.

  1. Modal

Memang toko offline membutuhkan modal besar untuk modal tempat dan izin usaha hingga ke karyawan sedangkan toko online tidak membutuhkan itu semua. Namun dari semua modal, yang paling memiliki perbedaan mencolok dari toko online dan offline adalah modal untuk stok barang.

Toko offline harus mengeluarkan modal untuk stok barang agar ready stock. Tetapi masalahnya, butuh proses agar barang tersebut laju terjual, tidak bisa langsung. Belum lagi penjual harus siap dengan risiko harga hp turun sementara barang tidak laku-laku atau stok masih banyak.

Sementara toko online, selain meletakkan embel-embel “jual handphone murah“, mereka juga meletakkan embel-embel “ready stock”. Padahal hal tersebut bisa saja hanya berupa gaya penjual. Maksudnya, dari awal bisa saja penjual tidak pernah stok barang, tetapi baru melakukannya saat ada orderan. Ditambah lagi, saat ini banyak reseller sehingga tidak perlu stok barang.

Dengan biaya usaha yang hemat, karena mengandalkan situs dan market place serta sosial media dan tanpa membutuhkan sales untuk menjual handphone mereka, toko online tentu menawarkan harga yang lebih murah.

  1. Diskon dan Promo

Toko online lebih sering melakukan berbagai promo dan menawarkan diskon. Mulai dari diskon besar-besaran, cashback, hingga promo lainnya sangat sering dilakukan oleh toko online. Berbeda dengan toko offline yang jarang sekali melakukan berbagai promo dan diskon.

Berbagai promo dan diskon tersebut tentu sangat menggiurkan dan menarik banyak konsumen. Sehingga meskipun dengan harga yang lebih rendah, penjualan dapat meningkat dan target dapat terpenuhi. Sehingga, keuntungan yang didapat pun lebih besar.

Tidak hanya berbagai toko online, berbagai official store brand ternama pun juga mulai membuka toko online dengan memberikan berbagai promo yang menarik.

Sebenarnya, berjualan offline dan online memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Namun tidak bisa dipungkiri pula bahwa harga handphone yang dijual secara online lebih murah dan menarik banyak konsumen.

Ditambah dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh jual beli secara online, mulai memilih barang, membayar, hingga menerima membuat toko online semakin digemari.

Namun ketika Anda membeli handphone secara online, tetaplah berhati-hati. Karena banyak pula yang berkata jual handphone murah tetapi berujung ke penipuan. Belilah di toko online yang sudah terpercaya atau di official store-nya.

shares